Finger Painting untuk Anak Usia Dini

        Finger painting merupakan teknik melukis dengat cat di atas kertas menggunakan jari. permaianan finger painting ini  sangat digemari anak karena mengandung berbagai macam warna, dimana anak dapat mengeksplorasi warna sesuai dengan keinginannya. Permainan ini dapat melatih motorik halus dan kreativitas anak. Dengan menggunakan jarinya anak dapat melukis sesuai dengan keinginannya. Namun, yang perlu diingat dalam finger painting untuk anak usia dini, gunakan pewarna yang aman. Bisa menggunakan pewarna makanan.
        Ada pun manfaat finger painting bagi anak,diantaranya:
1. Membantu meningkatkan perkembangan perasaan,sosial, emosional dan bahasa anak.
        Anak dapat berkreasi dengan finger painting, sehingga dapat mempengaruhhi rasa percaya dirinya, kepuasan pribadi, tetapi bila kegiatan ini tidak dipaksakan atau diarahkan
kegiatan ini membuat anak lebih rileks dan menyenangkan. Jika anak mewarnai bersama teman-temannya, maka proses ini dapat menjembatani komunikasi anak yang satu dengan anak yang lain. Anak akan berdiskusi mengenai apa yang mereka gambar, mereka akan mulai saling bertanya.
2. Membantu perkembangan Fisik
        proes mewarnai dnegan jari akan meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan serta spatial awarness. Finger painting juga mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar tergantung area pengerjaannya
3.  Salah satu kegiatan mengenalkan sains dan seni
         Melalui finger painting anak akan belajar bagaimana cara mengekspresikan dirinya, ide-ide dalam pikirannya dan emosinya. Anak bisa belajar mengenal tekstur warna dan bentuk. Mereka akan belajar menguji coba kombinasi warna mbaru melalui pencampuran-pencampuran.

Beberapa hasil finger painting :

                                    menggunakan jari,dengan melipat kertas menjadi 2 bagian



                              menggunakan jari, dan melipat kertas menjadi 2 bagian lalu dibentuk gambar


                                                 menggambar abstrak, sesuai keinginan

                          menggambar dengan memberi warna sesuai keinginan




0 komentar:



Posting Komentar