·
PENGERTIAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF
Alat
Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan
perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya,
serta berguna untuk :
- Pengembangan aspek fisik, yaitu
kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik
anak, trediri dari motorik kasar dan halus.
Contoh alat bermain motorik kasar : sepeda, bola, mainan yang ditarik dan didorong, tali, dll. Motorik halus : gunting, pensil, bola, balok, lilin, dll. - Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar.Contoh alat permainan : buku bergambar, buku cerita, majalah, radio, tape, TV, dll.
- Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk. Warna, dll. Contoh alat permainan : buku bergambar, buku cerita, puzzle, boneka, pensil warna, radio, dll.
- Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi ibu dan anak,keluarga dan masyarakat. Contoh alat permainan : alat permainan yang dapat dipakai bersama, misal kotak pasir, bola, tali, dll
APE adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana
atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan
dapat merangsang pertumbuhan otak pengembangan seluruh aspek kemampuan
(potensi) anak. APE dapat berupa apa saja yang ada di sekeliling kita,
misalnya: sapu, piling, gelas, sendok plastik, tutup panci, bangku kecil, dan
lain-lain.
Persyaratan Alat
Permainan Edukatif (APE) adalah :
1. Mengandung nilai
pendidikan
2. Aman atau tidak
berbahaya bagi anak
3. Menarik dilihat
dari warna dan bentuknya
4. Sesuai dengan
minat dan taraf perkembangan anak
5. Sederhana, murah,
dan mudah diperoleh.
6. Awet tidak mudah
rusak dan mudah pemeliharaannya
7. Ukuran dan
bentuknya sesuai dengan usia anak
8. Berfungsi
mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan anak
·
JENIS DAN MACAM-MACAM ALAT PERMAINAN
§ PUZZLE berbagai macam bentuk dan ukuran
Alat ini mempunyai fungsi untuk melatih motorik
halus, yaitu melatih keterampilan tangan untuk persiapan menulis, persepsi
visual yaitu untuk melatih pemahaman visual, dan problem solving yaitu anak
dilatih untuk mencoba memecahkan masalah yang ada di puzzle itu, sehingga
jumlah kepingan puzzle dapat dibuat seseuai dengan kemampuan anak.
§ MERONCE / MENJAHIT
Alat ini mempunyai fungsi untuk melatih motorik
halus, yaitu melatih keterampilan tangan untuk persiapan menulis, koordinasi
mata tangan, yaitu koordinasi dari mata dan tangan dalam rangka latihan
keterampilan untuk dasar-dasar menulis konsep bentuk, dan konsep warna.
§ BALOK MEMBANGUN
Alat ini mempunyai fungsi untuk melatih motorik
kasar, yaitu melakukan gerakan untuk mendukung aktvitas gerak secara
keseluruhan, motorik halusnya yaitu melatih keterampilan tangan untuk persiapan
menulis, koordinasi mata tangan, yaitu koordinasi dari mata dan tangan dalam
rangka latihan keterampilan untuk dasar-dasar menulis, imajinasi dan daya
cipta, yaitu untuk melatih anak untuk bereksplorasi menemukan hal-hal yang baru
dan menciptakkan bentuk baru.
§ PUZZLE KOTAK POS
Alat ini berfungsi untuk melatih konsep bentuk
dan warna, perseps visual, yaitu untuk melatih pemahaman visual, koordinasi
mata tangan, yaitu koordinasi dari mata dan tangan dalam rangka latihan
keterampilan untuk dasar-dasar menulis.
§ MAZE
Alat ini berfungsi untuk melatih konsentrasi,
motorik halus.
§ MENARA KELERENG
Alat ini berfungsi untuk melatih kontak mata dan
konsentrasi
§ HAMMER
Alat ini berfungsi untuk melatih koordinasi mata
tangan, motorik kasar dan motorik halus.
§ DOMINO CARD
Alat ini berfungsi untuk konsep jumlah dan
pengamatan
§ BENTUK GEOMETRI DASAR DAN MENENGAH
Alat ini berfungsi untuk melatih konsep bentuk
dan konsep warna.
Jenis
APE yang diciptakan para ahli
1. APE untuk Kemampuan
Berbahasa Peabody
APE yang dikembangkan oleh kakak beradik Elizabeth Peabody yang terdiri
atas dua boneka tangan yang memberikan program pengetahuan dasar yang mengacu
pada aspek pengembangan bahasa, yaitu kosakata yang dekat dengan anak.
2. APE ciptaan
Montessori
Dr.Maria Montessori menciptakan alat permainan edukatif yang
memudahkan anak mengingat konsep-konsep yang akan dipelajari tanpa perlu
bimbingan sehingga memungkinkan anak bekerja secara mandiri. APE ciptaannya
telah dirancang sedemikian rupa sehingga anak mudah memeriksa sendiri bila
salah dan segera menyadarinya. Contoh APE ciptaan Montessori adalah puzzle
berbentuk geometri.
3. Balok Cruissenaire
George Cruissenaire menciptakan balok Cruissenaire untuk
mengembangkan kemampuan berhitung pada anak, pengenalan bilangan, dan untuk
meningkatkan keterampilan anak dalam bernalar.
4. APE Ciptaan Froebel
Froebel memiliki alat khusus yang dikenal dengan balok Blocdoss.
APE ini berupa balok bangunan, yaitu suatu kotak besar berukuran 20 x 20 cm
yang terdiri dari balok-balok kecil berbagai ukuran yang merupakan
kelipatannya. Balok Blocdoss dikenal dengan istilah kotak kubus. Kotak kubus
ini pun banyak digunakan sebagai salah satu jenis APE untuk melatih motorik dan
daya nalar anak.
Beberapa contoh APE
1. APE indoor
· Boneka jari
· Boneka tangan
· Puzzle (buah, transportasi,
jam, dll)
· Kotak alfabet
· Kartu bilangan
· Kartu pasangan
· Loto warna dan bentuk, dll
2. APE outdoor
· Papan titian
· Jungkat jungkit
· Bola dunia
· Perosotan
· Ayunan, dl
·
PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN
Yang perlu diperhatikan dalam permainan edukatif
yaitu :
1.
Penataan lingkungan,
dalam penataan permainan edukatif berbeda dengan alat rekreatif, untuk alat ini
harus tertutup dan diberikan sesuai dengan rencana pembelajaran yang akan
diberikan.
2.
Pengarahan sebelum
bermain, dalam kesempatan ini guru harus memperkenalkan alat yang akan dipakai,
memberikan cara atau aturan dalam menggunakan alat, kapan memulai dan
mengakhiri, dan merapikan kembali alat.
3.
pelaksanaan permainan,
sebaiknya guru memberikan contoh dalam melaksanakan permainan, memberikan
motivasi, memberikan bantuan anak yang membutuhkan, mencobakan dengan cara lain
untuk memperkaya pengalaman anak, dan mendokumentasikan hasil yang dicapai
anak.
4.
kegiatan setelah
bermain, yaitu membereskan alat, jika anak belum terbiasa, anak harus
dilibatkan dalam membereskan.
DAFTAR
PUSTAKA
Mubarok, M. Mufti, Plus BCM Rahasia Cerdas
Belajar Sambil Bermain, Surabaya: PT. Java Pustaka Media Utama, 2008
0 komentar:
Posting Komentar